0

Bentuk Kandang Tokek

Published at 03.57 in

BENTUK KANDANG TOKEK 1

BENTUK KANDANG TOKEK 2

BENTUK KANDANG TOKEK 3

BENTUK KANDANG TOKEK 4

BENTUK KANDANG TOKEK 5

BENTUK KANDANG TOKEK 6

BENTUK KANDANG TOKEK 7

BENTUK KANDANG TOKEK 8

BENTUK KANDANG TOKEK 9

BENTUK KANDANG TOKEK 10

0

Bukti Khasiat Hewan Bernama " Tokek"

Published at 20.39 in

KOMPAS.Com, Sebuah penelitian mengidentifikasi bahwa binatang sejenis cicak yang disebut tokek dan sering digunakan dalam pengobatan tradisional China atau traditional Chinese medicine (TCM) memiliki efek anti-tumor.
Sifat anti-tumor ini ditunjukkan melalui kemampuan menghambat tumor dengan cara memperkuat energi tubuh. Tim yang diketuai Prof Wang dari Universitas Henan, China, menunjukkan bahwa zat aktif tokek tidak hanya meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh dari suatu organisme, tetapi juga menginduksi sel-sel tumor apoptosis (yang membunuh dirinya sendiri) serta menekan ekspresi protein VEGF dan bFGF, faktor pendukung berkembangnya kanker.
Kemoterapi—salah satu metode utama dalam pengobatan kanker yang kerap dilakukan para dokter saat ini—memiliki kelemahan karena tidak bisa selektif menyerang sel kanker sehingga memengaruhi zat antikanker itu sendiri, juga mengandung racun.
Pada 40 tahun terakhir ini, para ahli dari China telah mendapatkan dan menggunakan metode pengobatan kanker yang lebih efektif, yang diintegrasikan dengan TCM plus kemoterapi. Temuan-temuan tentang hal ini telah dipublikasikan setahun lalu pada 7 Juli 2008 di World Journal of Gastroenetrology (Jurnal Gastroenterologi).
Diposkan oleh PT. SHEN HUANG INTERNATIONAL

0

Tokek 64 Kilogram Ditawar Seharga 2.300 Juta Ringgit Malaysia Atau Rp 6,5 Miliar

Published at 18.52 in

Kawasan hutan yang berada di perbatasan antara Siemanggaris, Nunukan dan Serudong, Malaysia ternyata masih menyimpan berbagai potensi flora dan fauna yang selama ini belum banyak diketahui masyarakat.

Baru-baru ini di perbatasan kawasan tersebut, ditemukan seekor tokek yang diklaim memiliki berat hingga 64 kilogram. Tokek tersebut ditemukan salah seorang remaja, warga negara Malaysia yang tinggal di Kalabakan, tak jauh dari perbatasan Indonesia.Arbin, warga Tawau, Malaysia, yang sempat mengabadikan gambar tokek itu menceritakan, awalnya si remaja pemilik tokek itu berjalan-jalan di kawasan hutan. Ia memang memiliki niat untuk mencari tokek.

“Karena di Malaysia ini sedang gempar-gemparnya orang mencari tokek. Nah si remaja ini juga ikut mencari tokek ke hutan,” kata Arbin, yang ditemui di Tawau, Senin (3/5) malam lalu.

Saat sedang berburu tokek itulah, secara tidak sengaja si remaja ini menemukan tokek berukuran raksasa.
“Awalnya dia kaget juga karena besarnya seperti buaya. Setelah dilihat ternyata tokek dan dia sudah tidak bisa bergerak karena besar sekali. Tokek itu dipikul lalu dibawa pulang,” ujarnya.

Tokek itu kini masih tersimpan di rumah si penemunya, di Kalabakan. Setiap harinya, hewan tersebut harus diberi makan daging terutama hati ayam untuk dapat terus bertahan hidup.

Sebenarnya sudah banyak calon pembeli yang datang melihat langsung temuan tersebut. Namun hingga kini belum ada kesepakatan harga antara si penjual dan pembeli.

“Itu sudah pernah ditawar 2.300 juta ringgit Malaysia (setara Rp 6,4 miliar) tapi dia tidak mau lepas. Katanya mau cari orang yang boleh beli lebih tinggi lagi,” katanya.

Di Malaysia khususnya di Tawau, para remaja banyak yang menyisihkan waktunya untuk mencari tokek. Kawasan Bumi Perkemahan Pandu di Kem Tiku termasuk salah satu tempat yang menjadi tempat buruan mereka.

“Pernah waktu ada perkemahan, anak-anak di sana menangkap sembilan ekor tokek. Tapi masih kecil-kecil semuanya,” kata Arbin.

Tokek memang memiliki sejumlah manfaat. Misalnya saja dari kulitnya bisa dibuat berbagai perlengkapan pria dan wanita seperti tas, dompet dan sebagainya. Sementara ada juga manfaat tokek yang mampu mengobati penyakit asma.

Konon kabarnya di Cina dan Thailand sedang dikembangkan suatu obat HIV/AIDS yang terbuat dari hewan tokek ini. Bagian dari tokek yang dapat dmanfaatkan untuk obat adalah bagian lidahnya.

Secara tradisional, daging tokek bermanfaat untuk mengobati penyakit asma dan penyakit kulit bahkan di beberapa daerah ada yang mempercayai bahwa mengonsumsi daging tokek dapat bermanfaat sebagai obat penambah gairah seksual bagi kaum pria. (noe)

Sumber: harian TRIBUN KALTIM edisi 5 mei 2010

0

Manfaat Tokek

Published at 18.34 in

Di pertengahan tahun 2009 ini perdagangan Tokek menjadi semakin tidak masuk akal. Ada yang memasang harga hingga milyaran rupiah. Sebenarnya apa manfaat Tokek bagi kesehatan?

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Prof Wang dari Universitas Henan Cina dapat menjawab atas pertanyaan tersebut, dan temuan mereka telah dipublikasikan dalam World Journal of Gastroenterology. Mereka mengkaji mengenai studi farmakologi atas Tokek dan kejelasan mekanisme anti-tumornya. Ternyata Tokek memiliki dampak positif pada tumor ganas demikian dalam laporan klinis.

Prof. Wang dkk, telah meneliti efek anti-tumor Tokek di terhadap tumor esofagus, menggunakan sel karsinoma manusia dan xenografted Kaposi 180 di tikus strain Kunming serta mekanisme anti-tumornya. Metode yang digunakan adalah metoda serum farmakologis secara in vitro. Tingkat pertumbuhan sel karsinoma esofagus manusia (EC9706 atau EC1) diukur dengan memodifikasinya menjadi 3 - (4,5-Dimethylthiazol-2-il) -2,5-diphenyltetrazolium bromide (MTT). Kemudian tumor ditransplantasikan ke model tikus S180 Kaposi. Lima puluh tikus dibagi secara acak menjadi lima kelompok (n = 10). Tiga kelompok diperlakukan masing-masing dengan Serbuk Tokek secara oral pada dosis 13,5 g/kg, 9 g/kg, dan 4,5 g/kg per hari. Kelompok negatif (NS grup) diperlakukan dengan oral dengan larutan garam dengan volume yang sama dan kelompok positif (grup CTX) diperlakukan dengan 100 mg/kg Cytoxan secara injeksi intraperitoneal pada hari pertama. Setelah 2 minggu perawatan, kegiatan anti-tumor dievaluasi dengan menimbang jaringan tumor. Kemudian pengaruh terhadap organ kekebalan dideteksi menggunakan indeks timus, limpa, indeks kecepatan fagositik. Ekspresi protein faktor pertumbuhan endothelin vaskular (VEGF) dan faktor pertumbuhan fibroblast dasar (bFGF) akan dideteksi secara imunohistokimia. Tingkat sel apoptotik dideteksi dengan metoda Tunel.

Hasil yang didapatkan adalah nilai OD dalam setiap kelompok Tokek setelah 72 jam berkurang secara signifikan di EC9706 dan EC1. Berat tumor di setiap kelompok Tokek juga menurun secara signifikan (1,087 + / - 0,249 vs 2,167 + / - 0,592; 1,021 + / - 0,288 vs 2,167 + / - 0,592; 1,234 + / - 0,331 vs 2,167 + / - 0,592; P <>

KESIMPULAN: Tokek memiliki efek anti tumor baik secara in vitro maupun in vivo; induksi apoptosis sel tumor dan pengaturan ekspresi protein VEGF dan bFGF menjadi kemungkinan atas efek anti tumor dari Tokek.

Pustaka: Liu F, Wang JG, Wang SY, Li Y, Wu YP, Xi SM.Antitumor effect and mechanism of Gecko on human esophageal carcinoma cell lines in vitro and xenografted sarcoma 180 in Kunming mice.

World J Gastroenterol 2008 July;14(25):3990-3996

0

ALBUM PHOTO TOKEK & PERLENGKAPAN

Published at 15.26 in

Kandang Tokek 6 Kamar


Kandang Jangkrik

Box Tempat Anak Jangkrik

Suplemen Vitamin Tokek

Tokek 3,6 Ons

Tokek 3,5 Ons


Tokek 3,8 Ons

Tokek 2,5 Ons Up

Tokek 7 Ons Up

0

Tips & Trik Beternak " Tokek"/Gecko

Published at 15.19 in

Tokek skr sudah menjadi menjadi fenomena. nilai jual nya yang sangat tinggi membuat banyak orang yang beralih profesi menjadi peternak tokek. Tokek selain digunakan untuk pengobatan dapat juga digunakan sebagai hewan peliharaan atau binatang hias yang cukup jinak terutama untuk jenis Leopard. Beternak tokek merupakan hal yang gampang-gampang susah, kurangnya informasi yang tersedia mengenai cara beternak tokek membuat masyarakat masih kurang berminat untuk beternak tokek. masyarakat lebih memilih menangkapnya dari alam liar. Semoga dengan tulisan ini bisa memaparkan dengan jelas bagaimana untuk menjadi peternak tokek/gecko yang benar. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam beternak tokek yaitu :
1. Kandang
Untuk kandang tokek dapat menggunakan aquarium yang agak luas dengan ukuran 20-30 gallon. Pada bagian atas kandang dapat ditutup menggunakan jala dengan ukuran mesh yang kecil. Tokek tidak bisa meloncat dan tidak mempunyai toe pads untuk memanjat kaca kandang.
Untuk betina dapat dikandangkan secara bersama (asalkan ukuran relatif sama), tetapi untuk jantan dewasa sebaiknya dikandangkan pisah karena dapat saling berkompetisi dan saling membunuh. Sedangkan 1 ekor jantan bisa dikandangkan bersama dengan beberapa ekor betina(setelah sama-sama bertbobot kurang lebih 45 gram). Untuk tokek yang dikandangkan bersama maka ukuran tokek harus selalu diperhatikan karena kemungkinan satu tokek mempunyai ukuran yang lebih besar/pertumbuhan badan lebih cepat daripada tokek yang lain, oleh karena itu untuk tokek yang uk lebih besar harus dipisahkan segera supaya pertumbuhan badan menjadi merata dan tidak terjadi kompetisi makanan yang tidak seimbang. Untuk tokek betina yang masih ukuran kecil tidak boleh reproduksi dlu karena akan berdampak buruk pada kesehatan tokek tersebut .
2. Media/Substrat
Media yang baik untuk digunakan dalam kandang tokek adalah dengang menggunakan pasir terutama untuk tokek dengan ukuran panjang 5-6 inch dan tokek yang sudah dewasa. Pasir yang digunakan harus pasir yang sudah bersih dan dengan ukuran yang cukup halus (0,5mm).Tetapi untuk tokek yang masih kecil (belum mempunyai panjang 5-6 inch) sebaiknya jangan menggunakan media pasir karena pasir bisa tertelan dan membahayakan kesehatan tokek. jadi untuk tokek yang masih ukuran kecil dapat menggunakan alas handuk/kertas koran walaupun mempunyai kekurangan yaitu kandang harus lebih sering dibersihkan.
3. Suhu Kandang
Suhu kandang harus selalu dipantau dengan menggunakan termometer, batas maksimum suhu kandang adalah 90 derajat farenheit. Hindari pemasangan lampu pijar atau lampu uv dalam kandang. Kandang sebaiknya dalam kondisi gelap, mata tokek yang terkenal sinar dapat menyebabkan tokek menjadi stress sehingga menyebabkan tokek tidak mao makan dan mati. Untuk pencahayaan dapat menggunakan lampur merah karena tokek mempunyai sifat tidak bisa melihat warna merah. Sebaiknya hindari meletakkan batu dalam kandang karena dapat menyebabkan panas yang berlebih dalam kandang.
4. Tempat Berlindung
Kandang sebaiknya dilengkapi dengan pelindung karena tokek merupakan hewan noktural (hewan yang lebih senang dalam kondisi gelap). Tokek mempunyai sifat hidup bersembunyi di bawah batu atau reruntuhan jadi sebaiknya kandang dilengkapi dengan pelindung dengan lubang yang cukup besar. Kandang tokek dapat dilengkapi dengan beberapa pelindung(shelter) yang bisa terbuat dari kardus, kotak kecil atau kertas.
5. Pergantian Kulit
Seperti binatang reptil lainnya tokek juga mengalami siklus pergantian kulit. Frekuensi pergantian kulit tergantung pada umur dan pertumbuhan tokek. Untuk ukuran kecil lebih sering ganti kulit dibandingkan yang ukuran besar. Pergantian kulit ditandai dengan warna kulit yang semakin pudar dan keputih-putihan. Hal yang perlu diperhatikan ketika terjadi pergantian kulit yaitu kelembapan kandang dan kulit harus lepas dari badan tokek sampai sempurna. Kelembapan kandang harus lebih tinggi saat terjadi pergantian kulit. Pada saat pergantian kulit dapat menggunakan media kotak stereoform.
6. Minuman
Walaupun tokek berasal dari lingkungan yang kering, kandang harus dilengkapi dengan fasilitas minum yang tersedia 2-3x minggu perminggu.
7. Makanan
Makanan yang disarankan untuk tokek adalah jangkrik, ulat, cacing dan anak tikus yang masih berumur beberapa hari.
Mungkin bagi anda yang memelihara tokek, ingin agar tokek anda cepat besar. Cara agar TOKEK cepat besar beberapa diantaranya adalah dengan memberinya makan teratur. Jenis makanan bisa berupa udang kering, jangkrik dan lainnya. Sebagai suplemen instant agar tokek anda cepat besar adalah dengan memberinya telor telur rebus setiap harinya. Cukup 1 X saja dalam sehari. Toh sisa telur lainnya dapat anda manfaatkan untuk membuat telur dadar atau martabak .
Tempatkan tokek ditempat yang sunyi dan senyap dan jauh dari lalu lalang kendaraan atau langkah kaki. Sangat tidak disarankan menyimpan tokek di dalam kotak speaker atau subwoofer mobil anda.
Kandang : usahakan terbuat dari kayu dan bahan bukan besi/ kawat/ emas dan platinum. Dimaksudkan agar tokek merasa nyaman seperti dihabitatnya. Kandang terbuat dari kayu atau bambu juga dapat menghindari terjadinya salah angkat ketika anda membututkan besi tua pada pemulung :P
Cukup satu orang yang selalu memberi makan tokek. Jangan jadikan tokek barang tontonan bagi anak2. Selain tokek bukan topeng monyet, tokek juga gampang kagetan dan terkena stroke, yang mengakibatkan turunnya berat badan tokek secara drastis.
Tempatkan tokek ditempat yang sunyi dan senyap dan jauh dari lalu lalang kendaraan atau langkah kaki. Sangat tidak disarankan menyimpan tokek di dalam kotak speaker atau subwoofer mobil anda.
Kandang : usahakan terbuat dari kayu dan bahan bukan besi/ kawat/ emas dan platinum. Dimaksudkan agar tokek merasa nyaman seperti dihabitatnya. Kandang terbuat dari kayu atau bambu juga dapat menghindari terjadinya salah angkat ketika anda membututkan besi tua pada pemulung .
Cukup satu orang yang selalu memberi makan tokek. Jangan jadikan tokek barang tontonan bagi anak2. Selain tokek bukan topeng monyet, tokek juga gampang kagetan dan terkena stroke, yang mengakibatkan turunnya berat badan tokek secara drastis.
Kalau Anda menginginkan Berbisnis yang lagi rame belakangan ini adalah bisnis Tokek atau Cicak Raksasa.
Sebelum benar-benar serius dalam bisnis yang satu ini sebaiknya Anda mengetahui Bagaimana Cara Memelihara Tokek. Ada beberapa cara :
dengan memberinya makan teratur. Jenis makanan bisa berupa udang kering, jangkrik dan lainnya. Sebagai suplemen instant agar tokek anda cepat besar adalah dengan memberinya telor telur rebus setiap harinya. Cukup 1 X saja dalam sehari. Toh sisa telur lainnya dapat anda manfaatkan untuk membuat telur dadar atau martabak .
Tempatkan tokek ditempat yang sunyi dan senyap dan jauh dari lalu lalang kendaraan atau langkah kaki. Sangat tidak disarankan menyimpan tokek di dalam kotak speaker atau subwoofer mobil anda.
Kandang : usahakan terbuat dari kayu dan bahan bukan besi/ kawat/ emas dan platinum. Dimaksudkan agar tokek merasa nyaman seperti dihabitatnya. Kandang terbuat dari kayu atau bambu juga dapat menghindari terjadinya salah angkat ketika anda membututkan besi tua pada pemulung .
Barangkali Anda sudah mengetahui sedikit Tips yang bisa memudahkan Anda untuk berbisnis Tokek, so jangan berhenti berusaha.

0

Cara Beternak Tokek

Published at 15.11 in

- Tokek sangat suka sama yang namanya makanan berprotein. Biasanya untuk makanan tokek sebenarnya bisa saja seperti udang kering, jangkrik, nyamuk atau yang lainnya yang bisa dimakan olehnya. Jangan sekali-kali memberikan tokek makan seperti roti ketawa kan Anda tau sendiri gimana ributnya tokek. Oya untuk protein agar tokek Anda cepat besar berikan setiap harinya telor rebus (ini tidak becanda). Berikan telor rebus ini secara rutin tiap harinya. Tokek tidak akan menghabiskan semua telur rebus yang Anda berikan, maka dari itu Anda juga bisa membantu si tokek untuk menghabiskannya atau berbagi Anda setengah si tokek setengah jadinya kan pas adil n saya sarankan jangan pernah bertengkar dengan si tokek gara-gara satu butir telor rebus karena si tokek akan mengalami stroke yang berakibat tokek akan mengalami diare dan menurunya berat badan yang drastis.

- Untuk rumah, simpan tokek dalam kandang yang menurut Anda aman. Tidak perlu di berikan security karena si tokek bakalan aman. Maksud saya berikan kandang yang sesuai dengan keadaan biasa hidup si tokek. Jika malam hari jangan memberikan kandang tokek dengan cahaya lampu karena pada malam hari tokek tidak suka yang namanya cahaya karena saat inilah tokek sedang menikmati masa dugemnya, nah disitulah si tokek dalam keadaan fit dalam beraktifitas, hingga begadang pun jadi. Oya satu lagi tidak di sarankan memfasilitasi rumah tokek dengan Home theater apa lagi AC karena si tokek bakalan mati kedinginan.


Sekian tips memelihara tokek. Oya ada satu lagi yang lupa, tidak disarankan memberikan tokek sepiring pizza sementang tokek suka makanan yang berprotein & sangat tidak disarankan menyimpan tokek dalam box speaker atau subwoofer mobil Anda karena tokek bakalan ngalami kejutan yang berakibat stroke yang berkepanjangan hingga mengalami yang namanya diare in the moon. & jangan pernah sekali-kali mengguncang rumah si tokek apa lagi di jadikan bola, sangat tidak disarankan.


Ingat : kesalahan Ada pada niat pemeliharanya. Waspadalah . . . waspadalah . . .

0

TIPS MEMELIHARA TOKEK

Published at 14.48 in


Akhir akhir ini dunia bisnis di ramaikan dengan maraknya jual beli binatang Tokek, hampir di seluruh pelosok negeri ini ramai membicaraka tingginya harga satu ekor tokek, saya pernah mendengar kalau satu ekor tokek dengan bobot 5 Ons bisa di hargai hingga 250 juta, harga yang cukup fantastis memang, dan siapa sangka binatang yang unik dan menarik ini sanggup mengalahkan harga satu buah mobil mewah...

Jadi yang saya tulis ini menurut pengalaman saya selama setahun ini. Tujuannya yaitu MEMELIHARA. Bukan sistem seperti pengepul dalam jumlah besar. Kalao seperti itu cukup dibuatkan gudang dan taruh semua tokek disana, sudah selesai. Saya bilang seperti ini karena saya melihat dari para pengepul di Malang dan Purworejo. Sekali lagi saya minta maap untuk itu, bukan bermadsut meremehkan ataupun menyepelkan para pengepul tokek besar. Sudah bukan rahasia lagi jika sudah ada tokek yang dikeringkan lalu diexport. Karena jika dikeringakan tidak mempengarui berat ataupun ukuran. Menurut para pengepul yang saya tanya.

Buat teman teman yang kebetulan lagi di landa demam tokek, berikut saya coba sampaikan sedikit aturan dan peraturan bagaimana memelihara Tokek yang saya ambil dari sebuah Blog teman, semoga bisa membuat sukses bisnis Tokek anda...

  1. Tokek Merupakan Binatang yang tahan lapar, serta tahan cuaca.Jadi kalo tokek gak diberi makan selama 1 minggu ato 2 minggu, itu gak masalah. Ataupun dicuaca panas atau dingin itu juga gak masalah.
  2. Tokek Merupakan hewan kanibal Jadi jika dia kumpul jadi 1 kandang, dan merasa lapar,dia bersifat kanibal.Dia mempunyai pedoman siapa yang kuat dia yang menang, jadi ada hukum rimba di sini. Jadi saran saya 1 kandang 1 tokek. Supaya tidak ada persaingan makanan.
  3. Tokek Gampang Stress Dan Karena tokek yang gampang stres, maka sekali diletakan dikandang, jangan dipindah pindah lagi baik tokek maupun kandangnya. Tujuannya supaya tokek tidak stres, akibatnya dia akan gak doyan makan. Sebenarya tokek mati, rata rata mengalami stres. Soalnya ketika saya pertama kali banyak yang mati.
  4. Peletakan kandang di tempat yang sesuai. Tempatnya usahakan di luar, kalo bisa dibawah pohon. Tujuanya supaya tetap merasa di alam.
  5. Adaptasi tokek dari ditangkap dan masuk kandang. Biasanya tokek tidak mau makan selama 2 minggu ato bahkan lebih. Tapi jika kandang dibuat dari kayu, adaptasi akan menjadi lebih cepat. Jadi saya sarankan buat kandang dari kayu.
  6. Tujuan memisahkan per kandang. Yaitu supaya tokek tidak bertelur ato berkembang biak. Karena tujuan utama saya yaitu membesarkan bukan membudidayakan.
  7. Untuk ukuran kandang bebas. Syaratnya harus dari kayu, dan agak gelap. Madsudnya gelap semua tertutup kecuali pintu mengunakan kawat streamin. Dan usahakan max 2 ekor tokek dalam 1 kandang. Kalo ditempat saya menggunakan bekas lemari baju dari kayu, saya modif dengan pintu menggunakan kawat streamin.
  8. Untuk makanan. Serangga adalah makanan tokek. Ini akan merangsang tokek menjadi lebih besar. Dalam hal ini bisa menggunakan jangkrik/Kroto sebagai makanan tokek.Untuk peningkatan beberapa ons itu tergantung banyak faktor, usahakan jangan sampai tokek merasa stress itu aja. buat kandang senyaman mungkin.
  9. Cara memegang. Tokek memang agak menakutkan. biasanya memegang posisi dari belakang, dan sasaran kepalanya, jangan ekornya, karena dia akan melepaskan ekornya kalo dipegang, kayak cicak. caranya kalo kegigit, siram mulutnya dengan air hangat ato, alihkan gigitanya dengan benda agak lunak misal kain.

0

Pantas Harga Tokek Bisa Selangit !

Published at 12.08 in

KOMPAS.com — Dengan iming-iming akan mendapatkan keuntungan besar, seorang pemuda bernama Firdaus (21) dalam satu tahun terakhir telah menggeluti bisnis jual beli binatang yang kabarnya dapat menyembuhkan HIV/AIDS itu.

"Saya sudah 1 tahun bisnis tokek. Awalnya saya kenal sama seseorang bernama Mat Nur, lalu kita diskusi bagaimana caranya dapat duit banyak. Terus saya dengar tokek harganya mahal, ya udah sejak itu saya cari tokek dan saya jual-beliin deh," kata Firdaus saat ditemui Kompas.com di kediamannya di Kawasan Cipete Selatan, Jakarta, Jumat (25/9).

Untuk memelihara tokek-tokek itu, Firdaus mengaku tidak pernah mengalami kesulitan. Pasalnya, memelihara tokek, menurutnya, tidaklah sulit. Selain itu, ongkos makan juga tidak mahal. "Ternak tokek sebenarnya gampang. Satu minggu kita cuma kasih dia makan jangkrik seharga Rp 5.000 sebanyak dua kali. Artinya satu tokek seminggu biaya makannya Rp 10.000," katanya.

Jumlah tokek yang dimiliki Firdaus saat ini delapan ekor. Dari delapan tokek yang dimilikinya, berat maksimal adalah 2 ons, sedangkan yang paling ringan 1 ons. Meski telah 1 tahun berbisnis tokek, Firdaus mengaku belum pernah merasakan menjual tokek dengan harga yang fantastis. Harga tertinggi yang pernah didapatkan hanya Rp 2 juta. Ini karena tokek yang dimilikinya hanya memiliki berat maksimal 2 ons.

"Susah cari tokek yang besar. Tokek besar banyaknya di daerah, kalau di Jakarta jarang. Paling ada kecil-kecil," katanya. Harga tokek bervariasi. Sementara itu, mengenai harga jual tokek di pasaran, menurut pria bujang ini, tergantung berat tokek itu sendiri. Semakin besar atau berat tokek, harganya makin mahal.

"Kalau tokek ukuran 1 ons di pasaran bawah (bukan harga dari eksportir) Rp 100.000, kalau tokek 1,5 ons Rp 200.000, tokek ukuran 2 ons Rp 500.000 sampai Rp 2 juta. Tokek 2,5 ons harganya antara Rp 5 juta dan Rp 30 juta," paparnya.

Menurutnya, harga tokek mulai beranjak tinggi jika memiliki berat di atas 3 ons. Harga tokek dengan berat 3 ons sendiri, menurutnya, memiliki harga dari Rp 30 juta hingga Rp 100 juta-an, sedangkan tokek dengan berat 3,5 sampai 4 ons biasa dihargai dengan Rp 100 juga hingga Rp 800 juta. "Harganya bervariasi karena tiap bos beda harganya," ujarnya.

Binatang sensitif

Lebih lanjut, Firdaus mengatakan, tokek merupakan jenis binatang yang cukup sensitif. Reptil yang masuk golongan cicak besar, suku Gekkonidae, ini gampang stres.

"Kalau dibawa pindah dari satu tempat ke tempat lain akan kelihatan. Pernah teman saya bawa dari Padang ke Jakarta buat dijual. Dari Padang beratnya 7 ons. Eh pas sampai Jakarta beratnya turun jadi 2 ons. Ternyata pas ditanya ke orang yang ngerti, itu gara-gara stres. Malah yang lebih parah lagi, teman saya bawa (tokek) dari Tanah Abang (Jakarta Pusat) ke Pasar Minggu. Eh pas sampai tujuan tokeknya mati. Akhirnya gagal dijual," ungkapnya.

Menurut Firdaus, tokek adalah binatang yang sejak dulu dikenal dapat menjadi obat. Daging tokek, menurutnya, dipercaya banyak orang merupakan obat gatal. Begitu juga dengan darah dan empedu tokek.

"Konon, empedu tokek yang sudah jadi kristal bisa jadi obat apa aja. Itu biasanya kalau tokeknya sudah 4 ons beratnya. Terus, tokek juga katanya bisa jadi obat HIV/AIDS, tapi enggak tahu apanya. Ada yang bilang darahnya, dagingnya, lidahnya," ujarnya.